Walktrough Ps1 Final Fantasy VII DISK 2 (Bahasa Indonesia)

Walktrough Ps1 Final Fantasy VII DISK 2 (Bahasa Indonesia)

DISC TWO


=ICICLE INN =
Ikuti jejak Sephiroth kemudian ambil senjata baru untuk Cid sebelum menaiki kerang untuk menuju ke atas. Di sini kamu harus memanjat tebing, naik dan turun untuk mendapatkan item di peti harta. Beberapa item cukup berguna jadi sebaiknya ambil semuanya. Setelah mengambil semua item, termasuk yang berada di bawah tangga, masuki gua di bagian puncak. Ada peti berisi Elixir dipojokan bawah kemudian keluarlah ke World Map.

Teruskan perjalanan mengitari pegunungan dan salju sampai kamu melihat sebuah kota. Save game sebelum memasuki kota. Sebelah kiri adalah toko senjata yang juga menjual beberapa item. Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai masa lalu Aeris, masuki rumah di sebelahnya dan periksa semua video yang ada. Masuki semua rumah untuk mengambil item sebelum menuju ke ujung kota. Pilih pilihan pertama dan Elena akan muncul. Tekan D-Pad kanan atau kiri untuk menghindari tinjunya dan dia akan menggelinding pergi.

Pergilah ke rumah di tengah kota dan bicara dengan anak yang sedang duduk. Dia akan memberikan snowboardnya kepada Cloud, jadi ambillah. Kemudian pergilah ke salah satu rumah dan ambil peta yang terpampang di dinding. Kembali ke ujung kota (karena kamu tidak bisa meninggalkan kota), bicaralah dengan laki-laki berbaju ungu untuk petunjuk penggunaan Snowboard lalu teruskan perjalanan.
Dalam mini game ini, kamu harus mengendalikan Cloud melewati beberapa halangan dan memilih jalan yang benar. Saat melakukan snowboard, ambil jalan kiri berturut-turut dan Cloud akan tiba di Hutan. Dari hutan ini, ambil arah kanan lalu utara sampai tiba di jalan yang memiliki banyak cabang. Ambil jalan yang tengah sampai tiba di sumber air panas, sentuh air panas yang ada dan teruskan perjalanan sampai tiba di padang salju.

Jika kamu muncul dari arah sumber air panas, ambil arah utara (sambil memberi tanda) beberapa saat sebelum berbalik menuju ke barat. Tiba di area baru, terus berjalan sampai melihat sebuah gua. Di dalam terdapat seorang perempuan berpakaian ungu yang hanya berespon jika Cloud menyentuh air panas. Kalahkan dia dan dapatkan Alexander Materia.
Kamu bisa kembali ke padang salju untuk kemudian menuju ke utara dan tiba di rumah orang tua atau berputar-putar sampai Cloud pingsan. Jalan manapun yang kamu ambil, Cloud akan berakhir di rumah orang tua bernama Holzoff. Bicaralah dengan dia untuk penjelasan dalam mendaki gunung. Save game setelah beristirahat dan temui teman-temanmu di luar sebelum meneruskan ke utara.

= GAEA’S CLIFF =
Panjatlah gunu  ng dan begitu tiba di tempat beristirahat (bendera merah), tingkatkan temperatur tubuh Cloud dengan menekan tombol kotak terus menerus. Jika suhu badan Cloud mencapai 29 derajat, dia akan pingsan dan kembali ke tempat Holzoff. Perhatikan bendera merah karena itu merupakan pertanda jalan yang aman. Teruskan sampai tiba di gua pertama.
Kamu terkadang bertemu dengan musuh Stilva, pelajari Magic Breath Enemy Skill yang akan berguna nantinya. Jelajahi gua ini dan jangan lupa mengambil Ribbon, tersembunyi di gua yang pintunya tidak terlihat. Dari layar ke tiga, terus saja ke kanan untuk mengambilnya. Saat melihat sebuah batu, tendang batu ini untuk membuka jalan di layar-layar awal. Teruskan perjalanan sampai tiba di luar. Tingkatkan temperatur tubuh Cloud sebelum mulai memanjat ke gua berikutnya. Save game dan jangan lupa untuk mengambil Elixir di bagian bawah.
Masuki gua di sebelah kanan dan teruskan ke gua berikutnya. Ambil Fire Armlet dan lawan semua Icicle yang ada. Tidak perlu loncat ke bawah sampai selesai menjatuhkan semuanya dan mengambil Megalixir (Last Elixir) di paling ujung. Beta Enemy Skill efektif untuk mengalahkan Icicle dan anak buahnya. Saat mencoba kembali, akan ada pilihan lagi. Kali ini loncatlah ke bawah, ambil Speed Source dan save game sebelum meloncat ke pintu yang tersedia. Kamu juga bisa mempelajari Bad Breath dari Malboro di sini.
Setibanya di luar, seperti biasa tingkatkan suhu temperatur tubuh Cloud sebelum mencapai gua yang terakhir. Ada sumber air penyembuh di sebelah save point. Sekarang saatnya untuk menaikkan level dan mengumpulkan armor. Kamu bisa melawan Blue Dragon yang ada di sini dan mendapatkan Dragon Armlet, armor berguna di battle selanjutnya. Setelah puas, save game dan teruskan perjalanan untuk melawan boss.

Boss : SCHIZO (Hp : 18000)
-> Hindari menggunakan magic Ice atau Fire. Gunakan Big Guard, Regen jika sudah punya dan magic level 3 non-elemen atau non Fire/Ice. Manfaatkan juga White Wind Enemy Skill. Jika salah satu kepala mati atau kedua kepala mati, hati-hati dengan serangan penghabisannya yang cukup kuat.

Setelah menang, kamu bisa kembali untuk mensave dan menyembuhkan diri sebelum melanjutkan perjalanan. Panjatlah tebing untuk melihat "luka" Planet lalu terus turun ke bawah.

= WHIRLWIND MAZE =
Di sini Tifa wajib dibawa, jadi kamu harus menggantikan salah satu anggota kelompok dengan Tifa. Teruskan perjalanan dan jangan lupa mengambil Neo Bahamut Materia sebelum mensave game. Akan ada event pendek mengenai Rufus sebelum bisa melanjutkan perjalanan. Di sini kamu harus menerobos "dinding" angin yang menghalangi perjalananmu. Meneroboslah saat angin mulai menipis. Teruskan ke layar berikutnya sambil mengambil item di peti harta.
Di layar selanjutnya, "dinding" yang sama akan muncul namun kali ini ditambah dengan bonus. Tunggu sampai angin menipis dan pusaran angin menghilang baru menyebrang. Sebelum melanjutkan, pasang armor atau aksesories yang menangkal atau mengurangi serangan fire. Di layar selanjutnya, teruskan sedikit untuk event dan battle.

Boss : JENOVA DEATH (Hp : 25000)
->Serangan boss ini semuanya berelemen api. Jadi persiapkan diri sebaik mungkin. Big Guard atau Regen jika perlu. Kerahkan semua serangan magic dan summon terkuat atau gunakan saja serangan fisik. Jika terkena status "SILENCE", sembuhkan dengan item atau White Wind enemy skill.

Ambil Black Materia yang tertinggal. Kemudian berikan ke Barret atau Red XIII. Bicaralah ke Tifa lalu ambil item yang ada dan save game sebelum melanjutkan ke utara. "Dinding" yang seperti sebelumnya akan muncul, tapi ditambah dengan kilat yang menyambar sekali-kali. Agak sedikit sulit mencari timing yang tepat, tapi setelah lewat teruskan ke utara untuk event yang cukup panjang. Bicara dengan Tifa atau Sephiroth untuk meneruskan cerita.

= JUNON – HIGH WIND =
Setelah event yang cukup panjang, bicaralah dengan Barret dan kamu akan mengendalikan Barret. Ikuti Tifa dan sempatkan diri untuk mensave game serta mempersiapkan Barret (materia+equipment). Akan ada event yang cukup panjang kemudian Cait Sith akan bergabung dengan Barret untuk melawan penjaga yang ada. Setelah menang, periksa pintu dimana Tifa terkunci untuk event lagi. Selesai event, bicara dengan Cait Sith dan tinggalkan ruangan. Tinggalkan daerah ini untuk bertemu Yuffie (jika sudah merekrutnya). Teruskan perjalanan dan naiki lift lalu ke arah kanan.
Kamu akan mengendalikan Tifa untuk membebaskan diri. Tenang saja, tidak perlu panik. Nafas Tifa panjang jadi dia tidak akan mati. ^-^  Tekan tombol secara bergantian X,X,T(segitiga),X+T,T+O,O. Setelah lepas, periksa tombol di sebelah kiri kursi kemudian periksa pintu untuk event lagi. Kendalikan Tifa menuruni gedung dan menuju ke ujung cannon. Scarlett akan muncul lagi disini, tampar dia dengan O dan terus tampar dia! Jangan sampai kalah! Setelah Scarlett kalah, larilah ke ujung cannon untuk event lagi.

Turunlah ke bawah lalu masuk ke kokpit. Bicaralah dengan semuanya kemudian pilot. Kembali ke luar dan masuk ke ruangan yang ada tulisan "Operations". Bentuk timmu lalu kembali bicara ke pilot untuk mengendalikan Highwind. Sebaiknya bawa Yuffie ke WuTai dan persiapkan dia sebaik mungkin. Usahakan dia memiliki Big Guard+Magic Hammer Enemy Skill. Pergilah ke WuTai dan masuklah ke Pagoda. Kamu tidak akan diizinkan masuk jika tidak membawa Yuffie. Di dalam, Yuffie harus menghadapi 5 musuh sendirian.

1st Floor -> Gorky. Serang dengan serangan fisik biasa atau magic kuat.
2nd Floor ->Shake. Gunakan Big Guard kemudian serang dengan serangan fisik+Limit.
3rd Floor -> Cheknov. Gunakan Ribbon sebagai aksesories. Lalu serangan terkuat.
4th Floor -> Staniv. Musuh paling mudah. Serangan fisik atau magic.
5th Floor ->Godo. Equipkan Ribbon lalu Big Guard. Godo punya Trine Enemy Skill, jadi kamu bisa mempelajarinya dari dia jika mau. Gunakan magic kuat jika serangan fisikmu rendah dan Magic Hammer untuk menyedot MP dari Godo.

Setelah menang, dapatkan Limit Break Lv4 Manual Yuffie, All Creation dan Leviathan Materia. Tinggalkan WuTai lalu pergilah ke Chocobo Ranch. Belilah Mimet Green dan sekarang saatnya untuk mencari Cloud.

= MIDEEL =
Pergilah ke deretan pulau di selatan-timur dan masuki kota yang ada. Lepaskan semua perlengkapan Tifa. Kamu akan perlu banyak uang di kota ini karena mahalnya barang-barang, jadi jangan membeli apa pun dulu. Pergilah ke toko senjata dan periksa pintu di belakang, tinggalkan toko dan terus ke arah rumah di kiri. Jangan masuk tapi pergilah ke arah belakang rumah dan kamu akan mendengar suara. Periksa dan dapatkan kunci tua, gunakan kunci ini di pintu di toko senjata. Jawablah dengan jujur dan dapatkan Curse Ring.
Cobalah ke tengah kota dan Tifa akan mengelus anjing yang ada. Akan ada event lagi dan kamu akan menemukan Cloud, yang sayangnya dalam keadaan tidak bisa apa-apa. Setelah Tifa pergi, kamu akan mengendalikan Cid. Pergilah ke Operation Room dan bentuk kelompokmu. Kembali ke Mideel dan beli senjata untuk ketiga anggota kelompokmu. Bicaralah dengan White Chocobo, berikan Mimet Green dan pilih "scratch behind his ear" untuk mendapatkan Contain Materia. Bicaralah dengan pemilik White Chocobo di setiap toko sebelum meninggalkan Mideel.

= NORTH COREL – FORT CONDOR =
Mendaratlah di dekat Corel dan kembalilah ke reaktor mako tua di tengah pegunungan (ingat? Sewaktu akan menuju ke Corel dari Costa Del Sol). Save di tengah perjalanan dan siapkan dirimu. Kamu harus melawan penjaga yang menghalangi jalanmu. Setelah menang, kamu harus mengejar kereta yang ada. Dan itu bukan hal yang mudah! Grmbblll….
Kamu harus menekan tombol T (segitiga) dan D-Pad Up silih berganti, lakukan dengan cepat namun pasti untuk mengejar kereta musuh. Terdapat 5 gerbong dan kamu harus melawan musuh setiap meloncat ke gerbong baru. Terdapat batas waktu jadi HINDARI penggunaan Summon. Jika sudah mempelajari Remove (Magic Level 2 dari Exit Materia), gunakan di dua gerbong pertama. Jika tidak, gunakan Magic Breath Enemy Skill, Comet atau Freeze dari Contain Materia.
Tiba di gerbong terakhir, kalahkan prajurit yang terakhir. Kamu harus memasukkan perintah untuk menghentikan kereta tapi kamu tidak bisa memasukkan perintah jika teman-temanmu masih berbicara. Tekan Up+T,Down+X,Down+X. Jika perintahnya benar, walaupun kelihatannya kereta tidak berhenti, dia akan berhenti dengan sendirinya. Terus maju dan kalau berhasil menghentikan kereta, kamu akan mendapatkan Ultima Materia secara gratis!

Sebelum pergi, masuki salah satu rumah dan bicaralah dengan perempuan yang memakai topi. Dia akan memberikan Catasthrope, Limit Break Lv 4 Manual Barret. Tinggalkan Corel lalu pergilah ke Fort Condor, reaktor di dekat Junon. Bicaralah dengan orang di pintu masuk lalu naik ke atas. Bicara dengan laki-laki yang sedang duduk lalu save game sebelum menuju ke atas. Pahami cara battle sebelum memulai pertempuran.
Dari tiga sisi yang tersedia, usahakan menaruh satu dari tiap jenis pasukan dan jebakan jika diperlukan. Setelah battle dimulai, langsung perintahkan semua pasukan untuk maju. Terus sampai ke daerah musuh dan musuh tidak muncul lagi. Tekan tombol R1/R2 untuk mempercepat waktu battle. Kalau musuh mencapai puncak, kamu harus melawan mereka. Usahakan menang karena jika kalah, kamu tidak bisa kembali ke sini. Ambil Phoenix Materia sebelum turun kembali ke bawah.

Bicaralah dengan laki-laki yang duduk untuk mendapatkan Huge Materia. Setelah ini, kembalilah ke Mideel. Jangan lupa untuk mensave game sebelumnya. Persiapkan diri dengan menggabungkan elemental+materia non elemen, seperti Time atau Exit ke armour-mu. Pastikan juga kamu memiliki Magic Hammer enemy skill. Masuki Mideel dan ambil Elixir di salah satu rumah. Jangan lupa berbicara dengan anak pemilik White Chocobo di SETIAP toko sebelum berbicara dengan Tifa. Akan ada event, lari ke luar untuk menantang Ultimate Weapon.

Boss: ULTIMATE WEAPON (Hp : 1000)
-> Langsung gunakan Big Guard dan untuk metode cepat menang, ambil semua MP-nya (Mp : 400) dengan Magic Hammer. Jika Mpnya habis, dia akan kabur. Jengkelnya, dia tidak akan memberikan apa pun, baik Exp, AP maupun uang.

= CLOUD’S MIND =
Setelah bisa menggerakkan Tifa, pergilah ke Cloud di Utara. Lalu bicaralah lagi dengannya untuk event. Selesai event, kali ini bicaralah dengan Cloud di sebelah kiri untuk evet lagi. Kemudian Cloud yang sebelah kanan dan Cloud kecil. Lihatlah ke jendela untuk event yang cukup panjang.  Bicaralah dengan Cloud (sampe pusing, kebanyakan Cloud…) untuk event. Lagi-lagi bicaralah dengan Cloud dan kembali ke Nibelheim untuk masa lalu Cloud yang sebenarnya. Setelah semuanya selesai, bicaralah dengan Cloud dan akan ada event lagi.
Setelah semuanya selesai, kamu mengendalikan Cloud lagi. Cobalah untuk meninggalkan ruangan dan kamu akan diminta untuk membentuk kelompok. Kembalilah ke Mideel. Jika kamu berbicara dengan pemilik White Chocobo di setiap toko, dia akan menjual barang dari toko-toko tersebut. Dengan kembalinya Cloud, ada banyak hal yang bisa dilakukan.

1)      Kembalilah ke Midgar dan bicaralah dengan laki-laki yang kehilangan kuncinya. Pergilah ke Bone Village dan pilih "Good Treasure". Galilah di dekat sayap pesawat untuk mendapatkan Sector 5 Key. Masuki Midgar, mampir ke gereja untuk melihat "Aeris" lalu pergilah ke Wallmarket. Masuki toko yang bertuliskan "Item" untuk mendapatkan Premium Heart, ultimate weapon milik Tifa.
2)      Kembalilah ke Perpustakaan Nibelheim untuk flashback Cloud dan Zack. Event ini memperjelas bagaimana Cloud bisa tiba di Midgar.
3)      Kembang biakkan Chocobo. Lihat bagian "Golden Chocobo" di bagian akhir.

= JUNON REACTOR =
Pergilah ke Junon dan bayar 10 gil ke penjaga untuk menaiki elevator. Turun ke bawah dan save gamemu. Teruskan sampai tiba di pertigaan. Ambil jalan kiri untuk melihat pasukan yang sedang berbaris, bersiap menyerang, berbalik badan dan…. Kabur…. Hampiri pintu yang tertulis label "1", masuk ke dalam dan lawan prajurit yang ada. Teruskan perjalananmu sampai ke save point.
Save dulu gamemu sebelum meneruskan perjalanan. Saat tiba di dasar laut dan bertemu dengan musuh Ghost Ship, morph dia menjadi "Guide Book". Masuki elevator di ujung jalan dan tekan tombol yang ada. Tinggalkan elevator dan teruskan perjalanan sampai menemukan Save Point berikutnya. Di layar berikutnya, kamu harus melawan prajurit yang mencoba menghadang. Ketika meneruskan perjalanan, kamu akan melihat Huge Materia berikutnya. Persiapkan diri sebisa mungkin dan lanjut ke layar berikutnya untuk bertemu dengan Reno.

Boss : CARRY ARMOUR (Hp : 24000)
-> Boss ini bisa menangkap 2 karakter dengan dua cakarnya, dan jika karakter ketiga tewas berarti game over. Selain itu karakter yang tertangkap juga akan menerima damage dari seranganmu. Langsung aktifkan Big Guard lalu serang dengan Magic Breath Enemy Skill untuk menghancurkan 2 cakarnya terlebih dahulu. Setelah 2 cakarnya hancur, kerahkan semuanya, mulai dari magic, limit sampai summon.

Sekarang kamu harus mengejar kapal selam yang mengangkut Huge Materia. Ke kiri dulu untuk mengambil item lalu hampiri kapal selam abu-abu di ujung dock. Ambil item yang ada, terutama Leviathan Scales. Habisi para prajurit yang mencoba menghalangimu sebelum masuk ke dalam kapal selam. Habisi juga prajurit di dalam sebelum mensave gamemu. Masuki kokpit dan kamu bisa menyandera atau melawan kelompok ini. Jika melawan, curi Shinra Alpha dari prajurit berbaju merah. Baca petunjuk pengendalian kapal selam sebelum memulai mini game.
Tujuan kamu adalah menembak jatuh kapal selam merah yang kamu lihat saat memulai mini game. Hindari pesawat selam kuning (atau tembak jika mau) dan lantai lautan. Pusatkan pada kapal selam merah, kamu punya 10 menit untuk menghancurkan kapal selam merah jadi berusahalah sebaik mungkin. Jika menang, pesawat selam akan otomatis menjadi milikmu.
Jika tidak, kembalilah turun ke Junon Reaktor tapi kali ini hampiri anjing yang sibuk menggonggong. Teruskan sampai ke ujung untuk mendapatkan kapal selam lain. Sampai di daratan, save game lalu naiki kapal selam dan menyelamlah.

= UNDER THE SEA  =
Begitu tiba di dasar air, kamu akan melihat Emerald Weapon yang berenang ke sana ke mari. Hindari Weapon ini, kamu tidak dapat melawannya sekarang. Jika kamu menenggelamkan kapal selam merah, ambil Huge Materia dari kapal selam itu. Kamu bisa menemukannya di dekat rumah tukang senjata tidak jauh dari Gold Saucer. Tidak jauh dari sana, kamu juga bisa menemukan sebuah kapal yang sudah tenggelam. Hampiri kapal itu untuk memasukinya.
Setibanya di dalam, ambil Heaven's Cloud, senjata untuk Cloud. Kemudian save game, musuh-musuh di sini cukup kuat dan sering menimbulkan status jadi gunakan Ribbon. Masuki pintu di utara dan jelajahi setiap sudut untuk Double Cut Materia (sangat berguna, pasangkan ke Cloud), Conformer (ultimate weapon Yuffie), Megalixir dan Escort Guard. Selesai mengambil semuanya, kembali ke save point untuk menyembuhkan diri dan mensave game sebelum mengambil pintu ke kiri.

Boss : RENO + RUDE (Hp : 15000 + Hp : 2000)
->Curi Touph Ring dari Reno (Sephiroth memiliki aksesories yang sama saat flashback di Disc 1) dan Ziedrich (armour) dari Rude. Hati-hati jika terkena confuse, sembuhkan secepatnya. Magic dan Summon kuat serta Bio3 (karena mereka manusia) sangat berguna melawan keduanya. Kalau memiliki Double Cut, pasangkan ke karakter yang memiliki attack paling kuat.

Setelah menang, teruskan ke layar berikut atau save terlebih dulu. Di layar berikutnya, banyak item berserakan. Salah satu item penting adalah Hades Materia dan Highwind (Limit Break 4 Manual Cid). Setelah puas, tinggalkan kapal ini dan jangan lupa untuk mensave. Kali ini tujuan berikut adalah air terjun yang berada di dekat Corel, menyelamlah dan cari terowongan panjang sampai ke ujung. Naik ke atas, dan walaupun tidak ada pelabuhan, kamu bisa mendarat.
Ada sebuah gua di balik air terjun. Pastikan Vincent berada di dalam kelompok sebelum memasuki gua itu. Kamu akan bertemu dengan Lucretia yang akan menceritakan masa lalunya dan masa lalu Sephiroth. Kamu akan mulai lagi di luar, jadi kembali ke kapal selam. Kamu juga bisa memasuki daerah ini dengan menggunakan Green/ Black/Gold Chocobo.
Dari daerah ini, menyelamlah ke arah benua di utara. Di salah satu pulau, terdapat terowongan lain. Masuki terowongan ini dan ambil Key of the Ancients yang akan diperlukan nanti. Kembali ke Junon dan masuki Highwind.

= OUTER SPACE =
Pastikan kamu membawa Cid dalam kelompok dan save game sebelum memasuki Rocket Town. Teruskan ke arah roket untuk menghadapi beberapa prajurit Shinra. Sembuhkan diri sebelum menaiki tangga karena Rude sudah menghadang di pintu Roket.

Boss : RUDE (Hp : 9000)
-> Gunakan serangan fisik, magic (Ultima, Comet atau Contain) untuk mengalahkan Rude dan ke dua anak buahnya. Seperti biasa, gunakan Big Guard untuk pertahanan. Kamu bisa mencuri Ziedrich kedua darinya.

Masuki Roket dan lawan prajurit di dalam sebelum memasuki kokpit untuk event. Setelah event, pergi ke ruangan di kanan dan naiki tangga. Periksa Huge Materia dan masukkan 4 kode untuk mendapatkannya. Cid akan mencoba membantumu mengingat jika salah memasukkan kode. Masukkan O,S,X,X dan ambil Huge Materia.
Turuni tangga lalu terus ke utara untuk event lagi. Setelah itu, pergilah ke Cosmo Canyon dan bicaralah dengan Bugenhaagen. Selesai event, periksa Huge Materia yang berwarna biru untuk mendapatkan Bahamut Zero kemudian turunlah ke bawah. Kembalilah ke Forgotten Capital lalu ambil jalan ke kiri dan hampiri benda yang ada di tengah untuk event.
Bicaralah dengan Bugenhaagen dan berikan Key of the Ancients untuk event berikutnya. Selesai event, cobalah untuk meninggalkan tempat ini dan Cait Sith akan menghubungimu. Selesai event, tinggalkan Forgotten Capital dan cobalah memasuki Highwind untuk event lagi. Daratkan Highwind di dekat Midgar dan persiapkan dirimu sebaik mungkin. Bersabarlah dan tunggu sampai Diamond Weapon sampai di pantai sebelum menyentuhnya dan memulai pertempuran.

Boss : DIAMOND WEAPON (Hp : 50000)
-> Pertama, gunakan Big Guard untuk pertahanan. Serangan fisik tidak akan berefek pada boss ini kecuali setelah dia mengeluarkan 'Diamond Flash'. Gunakan Magic kuat ditambah dengan Summon. Boss ini lemah terhadap Lightning, jadi Ramuh atau Kjata cukup berguna disini. Boss ini juga akan mencoba untuk men'silence' karaktermu jadi sembuhkan secepatnya. Jangan lupa untuk mencuri Rising Sun (senjata untuk Yuffie - growth double).

Dia akan kabur setelah kamu mengalahkannya. Lihat FMV lagi kemudian cobalah untuk memasuki Northern Crater (paling utara) untuk event lagi. Kali ini kamu harus kembali ke Midgar untuk menghentikan Hojo. Persiapkan dirimu dengan item dan Knight of Round jika sudah punya. Save game kemudian kendalikan Highwind melewati Midgar dan kamu akan terjun bebas memasuki Midgar.

= MIDGAR AGAIN =
Jelajahi semuanya sendirian sambil mencari Item, Exp dan AP. Save game saat tiba di save point, masuki lubang udara di dekatnya. Jangan pergi ke utara dulu, pergilah ke selatan terus. Di paling akhir jalan. Ada save point lagi dan W-Item Materia, materia yang sangat berguna untuk menduplikasi item. Kembali ke point semula dan kali ini pergilah ke utara untuk bertemu Turks. Jika kamu menjalankan sub-quest Yuffie, mereka akan menawarkan untuk tidak bertempur. Sebaiknya tolak dan lawan mereka.

Boss : RENO + RUDE + ELENA (Hp : 25000+28000+3000)
->Elena bisa membuat karaktermu terkena status 'confusion / charm' jadi sembuhkan secepatnya atau gunakan Ribbon sebagai aksesoriesmu. Elena kebal lightning, Reno kebal ice dan Rude kebal fire. Ini berarti kamu harus menggunakan serangan non-elemen. Curi Minerva Band (armor untuk karakter perempuan) dari Elena dan Ziedrich (lagi-lagi dari Rude). Hades juga cukup berguna. Jangan lupa gunakan Big Guard karena serangan mereka cukup berbahaya. Jika sudah memiliki W-Item, saat ini merupakan saat yang tepat untuk menggandakan Megalixir serta Elixir.

Teruskan ke utara, kamu akan bertemu dengan kawan-kawan-mu sepanjang jalan. Teruskan sampai kamu bertemu Cid, belok kanan kemudian kiri. Naiki tangga di sebelah kiri dan masuki Shinra HQ (tidak usah pedulikan kata-kata Cait Sith). Periksa Turtle Paradise Flyer di papan pengumuman lalu ambil item di toko item. Naik ke lantai 63 dan 64 untuk item.
Di locker lantai 64, kamu bisa menemukan HP Shout (ultimate weapon Cait Sith) kemudian di tangga (metode Tifa), ada senjata untuk Red dan kalau sebelumnya kamu tidak mengambil metode ini, Elixir tetap ada disana. Kembali ke terowongan dan dari tempat Cid, belok kiri sampai ke daerah baru. Sembuhkan diri sebelum meneruskan perjalanan dan kamu akan bertemu dengan si Kyahaha dan Gyahaha.

Boss : PROUD CLOD (Hp : 60000)
-> Terdapat dua sasaran. Pusatkan serangan ke Jamar Armor (HP : ~ 2000) terlebih dahulu karena bagian ini dapat menon-aktifkan serangan materia. Ultima, Comet atau Contain merupakan Magic yang sangat berguna. Gunakan Limit bila memungkinkan. Dan lagi-lagi… Big Guard. Tapi kalau sudah punya Knight of Round, gunakan saja sekali dan dijamin kamu langsung menang.

Teruskan ke utara dan ambil item di peti serta save game. Bawa Barret dalam kelompok untuk sementara dan naiki tangga. Akan ada peti yang berisi Missing Score, ultimate weapon Barret. Peti ini hanya muncul jika kamu membawa Barret. Kamu bisa mengganti Barret dengan anggota lain atau meneruskan perjalanan. Sampai di puncak, persiapkan diri dengan Ribbon sebelum menuju ke kanan dan bertemu Hojo.

Boss : HOJO (Hp : 13000,26000,30000)
->Hojo memiliki 3 bentuk dan bentuk terakhir merupakan yang paling berbahaya karena serangannya dapat menimbulkan efek sleep dan poison. Seperti biasa, Big Guard +Magic kuat+Summon+Limit. Tidak sulit kok.

Bersambung ke Disk 3

Download - Walktrough Ps1 Final Fantasy VII DISK 2 (Bahasa Indonesia)

=> Berkomentar lah Dengan Baik , Benar dan Sopan.
=>Jika tidak mempunyai ID, gunakan saja Name/URL (Isi Nama, anda bisa kosongkan URL)
=> Sebisa mungkin Jangan Menggunakan Anonymous, Supaya Admin lebih mudah menyapa nama Kalian